(0274) 376691 museumbaharijogja@gmail.com
English Bahasa Indonesia

MUSEUM BAHARI HADIRI SEMINAR NASIONAL PERINGATI INTERNATIONAL MUSEUM DAY

02 Juni 2015

 

Senin (1/6) Museum Bahari Yogyakarta menghadiri acara Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Musyawarah Musea (Barahmus) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan Dinas Kebudayaan DIY. Seminar dengan tema “Museum sebagai Pusat Pendidikan, Budaya, dan Wisata dilaksanakan di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta. Seminar yang merupakan rangkaian dari Internasional Museum Day tersebut menghadirkan pembicara-pembicara yang berkecimpung di bidang permuseuman dan pendidikan, diantaranya Drs. Kadarmanto Baskoro Aji merupakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Prof. Dr. Suratman Worosuprojo sebagai Kepala Barahmus, KRT. Thomas Haryonagoro merupakan  Sekjen International Council of Museum (ICOM) dengan moderator Asnan Arifin, S.Pd. dari Museum Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Seminar yang direncanakan pukul 08.00 wib tersebut harus mundur karena menunggu peserta dan pembicara. Akhirnya acara pun dibuka pada pukul 09.15 oleh Ketua Panitia Mayor Sus. Ayi Supriadi, SS, M. Sc.. Sebagai pembicara pertama  Drs. Kadarmanto Baskoro Aji mmemberikan materi dengan judul “Meneguhkan Museum Sebagai Sumber Belajar”. Kemudian dilanjutkan oleh KRT Thomas Haryo Nagoro  dengan memberikan materi yang membuat seluruh peserta seminar terkesima dengan judul “Museum For Tourism Prepare your Self  To Get Ready For Asean Economic Comunity 2015”. Salah satu isi materinya ialah mengenai makna tag line Wonderfull Indonesia yang menjadi tag line pariwisata Indonesia. “Ada yang tau makna Wonderful Indonesia? Ada yang tau? Wonderful Indonesia adalah janji pariwisata Indonesia pada dunia.”, tegas Sekjen ICOM asal Indonesia tersebut. Setelah pemaparan materi dari KRT. Thomas Haryonagoro kemudian dilanjutkan materi dari Prof. Dr. Suratman Worosuprojo dengan materi “Museum Sebagai Pusat Pengembangan Ipteks dan Kebudayaan” .

Seluruh rangkaian acara seminar pada siang itu berjalan dengan lancar, meski terjadi sedikit kegaduhan saat acara tanya jawab. Acara ditutup sekitar pukul 13.30 dengan ditandai penyerahan Surat Keputusan (SK) kepengurusan Barahmus DIY kepada Dewan Penasehat Barahmus. Penyerahan dilakukan oleh ketua Barahmus Prof. Dr. Suratman Worosuprojo kepada KRT. Thomas Haryonagoro dan berakhirlah Seminar Nasional pada sianghari itu. (is)

Ayo jelajah museum!

klik untuk melihat map

Tautan

klik untuk melihat map

klik untuk melihat map